Skip to toolbar

Hasil Rilis Indo Survey Strategy, Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar Unggul di Pilgub Sulsel

image

JAKARTA vocnews.com Terkait dengan hasil survei Pilgub Sulsel, yang dilakukan oleh lembaga Indo Survei Strategy, yang disampaikan di Jakarta, hari ini, Minggu, (4/3), oleh Karyono Wibowo, Direktur Indo Survey Strategy.
Dari hasil survei yang dilaksanakan Lembaga ini untuk Pilgub Sulawesi Selatan, sementara unggul pasangan Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar ( IYL – AM)
Dari empat calon pasangan Cagub Cawagub Sulawesi Selatan, data hasil survey tidak terpaut jauh antara 3 pasangan teratas. Pasangan pertama Ichsan Yasin Limpo- Andi Mudzakkar ( IYL- AM) memperoleh dukungan 24,3 %, pasangan kedua Nurdin Halid- Aziz Kahar Mudzakkar (NH- AKM), 20,1 %, Pasangan Nurdin Abdullah- Andi Sudirman Sulaiman (NA- ASS) 18,0 %, sedangkan pasangan Agus Arifin Numang – Tanribali Lamu (ANN-TL) memperoleh 8,9%
Sementara itu, responden yang belum memutuskan pilihan/tidak tahu/ tidak menjawab masih cukup tinggi yakni sebesar 28,9 %. Survei juga memotret sejumlah isu lokal diantaranya adalah isu politik dinasti yang tengah menghangat kembali.
Namun dalam temuan survei terkait isu dinasti politik, hanya 20,1 % yang pernah mendengar politik dinasti. 63,9 % memahami makna politik dinasti, yang pernah mendengar ada 77,7 % yang kurang menginginkan/ tidak menginginkan politik dinasti berkuasa.
Selanjutnya, menurut analisis dan pemaparan yang disampaikan oleh salah satu Dosen Peneliti Universitas Hasanuddin, DR.Andi Lukman Irwan, mengatakan, bahwa saat ini isu yang lebih digandrungi masyarakat adalah menyangkut isu ekonomi. sedangkan isu politik dinasti kurang memasyarakat.
Potensi bagi Paslon yang akan memenangkan pilgub Sulsel, adalah Pasangan Nurdin Halid- Aziz Kahar Mudzakkar dan pasangan Ichsan Yasin Limpo- Andi Mudzakkar yang masing masing mengusung isu Bangun Kampung, dan Rumah Produktif Pedesaan. tutur Andi Nirwan.
Pengambilan data survei dilakukan pada 19-24 Februari 2018. Survei menggunakan metode multi stage random sampling, dengan jumlah responden 800 , margin error 3,5 persen. wawancara dilakukan secara tatap muka langsung dengan menggunakan kuesioner, menggunakan sistem quality control yang ketat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *