Skip to toolbar

Diskusi Nasional SOKSI Usung Revolusi Industri 4.0 : Tantangan Para Pekerja.


Laporan: Minarni Djufri
Jakarta,vocnews.com – Memasuki usia ke 58 Tahun, Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) sebagai salah satu ORMAS Pendiri Partai Golkar menggelar Diskusi Nasional, yang dilaksanakan pada kantor DPP Partai Golkar, Senin, 7 Mei 2018.

Diskusi Nasional SOKSI mengusung thema ” Revolusi Industri 4.0 : Tantangan Para Pekerja”, menghadirkan para pembicara, Bambang Soesatyo (Ketua DPR RI), Nusron Wahid (Kepala BNP2 TKI), Bomer Pasaribu ( Mantan Menaker), Maruli Arul Hasoloan (Dirjen Binapenta Kemenaker RI), Eric Hiariej ( Peneliti Senior Fisipol UGM), dengan Moderator Happy Bone Zulkarnain.

Sebagai ormas yang kelahirannya untuk menandingi kekuatan Partai Komunis Indonesia dengan doktrin perjuangan ” Karyawanisme”, tantangan yang dihadapi SOKSI pada masa lalu adalah menjaga kewibawaan negara dan menegakkan Pancasila.

Telah terbukti melalui aktivitas SOKSI dalam merangkul karyawan di perusahaan-perusahaan negara ampuh menekan perkembangan dan agresivitas PKI pada masa itu.

Sementara itu, sekarang ini Isu Revolusi Industri 4.0 adalah ancaman dan tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat luas. Soksi selaku ormas yang sudah cukup lama berdiri, senantiasa mengikuti perkembangan jaman dengan menginformasikan secara luas tentang Revolusi Industri 4.0 dan hubungan Industrial Pancasila.

Selain itu Soksi juga menggali ide dan gagasan terkait adaptasi terhadap kebijakan Revolusi Industri 4.0. Disamping itu mendekatkan diri pada organisasi pekerja sebagai instrumen penting perjuangan dan doktrin karyawanisme SOKSI, dalam menjembatani isu Industrial kontemporer.

Diskusi dibuka oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan dihadiri peserta dari unsur Depinas Soksi, DPP Partai Golkar, Hasta Karya Partai Golkar, Pengurus DPP lintas Parpol, Pengurus dan Aktivis Organisasi Politik, Lingkungan dan Perempuan, perwakilan pengurus serikat buruh se Jakarta, Mahasiswa dan Pelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *