Skip to toolbar

Remaja Dari Berbagai Daerah Belajar Toleransi Dari Keluarga Kemenkeu


Jakarta,vocnewsindonesia.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) selenggarakan program Seminggu Bersama Keluarga Kemenkau (SBKK).bertempat sekretariat BPPK jakarta Jumat (13/7/18)
Dalam program ini ,13 pelajar (di sebut Adik SBKK ),yang berasal dari berbagai Wilayah di Indonesia, mereka menginap bersama 13 mahasiswa Politeknik Keuangan Negara (PKN),STAN (di sebut keluarga SBKK), di kediaman Pejabat Eselon 1 dan II Kemenkeu di sebut (SBKK).
Adik,kakak dan Keluarga SBKK ini sebelumnya telah melalui proses untuk memenuhi persyaratan.
Untuk Adik SBKK harus memiliki kriteria antara lain mempunyai potensi kepemimpinan,bersedia berbagai pengetahuan dan pengalaman yang di dapatkan saat mengikuti program.
Sementara itu,kakak SBKK bersedia menyebarkan semangat dan nilai toleransi serta kebangsaan,sedangkan untuk keluarga SBKK harus menjadi teladan dalam keterbukaan pikiran dan toleransi terhadap perbedaan.
Selain mempromosikan nilai kebhinekaan,perdamaian dan toleransi,program ini juga bertujuan mengenalkan tugas dan fungsi Kemenkeu,yaitu Intregritas,Profesionalisme,Sinergi,Pelayanan dan kesempurnaan kepada peserta program SBKK melalui pendekatan Kekeluargaan.
Program ini disambut antusias oleh para pejabat Kemenkeu yang dengan sukarela menjadi Keluarga SBKK, antara lain Wakil Menteri Keuangan, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Inspektur jenderal, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Staf Ahli Menteri Bidang Kepatuhan Pajak,Direktur PKN STAN, serta beberapa Sekretaris Dirjen dan para Pusdiklat di lingkungan Kemenkeu.
Para pejabat tersebut juga menfasilitasi seluruh kebutuhan transportasi dari daerah asal ke jakarta dan kembali ke daerah,Akomondasi,Komsumsi,Kesehatan hingga kebutuhan ibadah peserta.
Sejumlah agenda program SBKK yang diselenggarakan antara lain kunjungan ke berbagai tempat Ibadah, pelatihan 12 Nilai Perdamaian dari Peace Generation, pangenalan beragam budaya Indonesia, pengenalan aktivitas pengelolaan keuangan negara sebagai inti pengabdian Kemenkeu,Serta wisata bersama Keluarga SBKK.

peserta juga berkesempatan untuk berkenalan dan makan
malam bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati serta menceritakan pengalaman dan cita- cita Adik, Kakak SBKK Ke ibu menteri Keuangan.
Program SBKK diselenggarakan Gieh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (PPK) bekerja sama SabangMerauke yang merupakan yayasan yang bergerak di bidang
toleransi dan pertukaran pelajar ke daerah dengan latar belakang Budaya dan Agama yang berbeda.
Kegiatan SBKK ini sejalan dengan semangat Kementerian Keuangan untuk selalu mengobarkan nilai
kebhinekaan, perdamaian dan toleransi mengingat Indonesia memiliki ragam perbedaan yang
seharusnya menjadi kekayaan Indonesia, namun seringkali luput di pahami.
Minarni Djufri MP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *