Perayaan Ekaristi Pisah Sambut Uskup Maumere

vocnewsindonesia.com -Jakarta- Wagub NTT Yosef Naisoi menghadiri pisah sambut uskup Maumere dari Emeritus Mgr.Gerulfus Khaerubim Pareira, SVD kepada Mgr.Edwaldus Martinus Sedu, yang dilaksanakan di anjungan NTT, TMII, Jakarta, Minggu (17/12).

Selain Wagub Yosef Naisoi dan instri, tampak juga Bupati Kabupaten SIKA Robby Idong, empat Uskup yang hadir masing-masing Uskup agung Ende, Uskup Weetebula Sumba dan Gerulfus Kherubim Pareira, SVD (EMERITUS) dan Uskup agung Maumeru yang baru MGR. Edwaldus Martinus Sedu.

Acara diisi dengan Misa Kudus Perayaan Ekaristi dipimpin Mgr.Gerulfus Kherubim Pareira, SVD. Selain itu juga diiringi dengan berbagai tari dan nyanyi dari Ende, Sumba dan Maumere.

Sementara itu Sekretaris Umum Panitia Drs. GF Didinong Say kepada media mengatakan, bahwa kegiatan ini terselenggara atas partisipasi ratusan donatur dan ada sekitar Lima ribu masyarakat yang ada di Jabodetabek hadir di acara pisah sambut ini, Ujar Didi.

Selain itu tampak juga empat uskup juga hadir 14 Imam, para pastor dan sister dari Maumere.

Dalam sambutan Gereja tumbuh dan berkembang atas kekuatan dan bimbingan Allah yang terus menerus sampai kekal. Para Rasul mendapat amanat dan kepercayaan penuh untuk memelihara, menguduskan, mengajar dan mengembangkan Gereja Allah di dunia ini.

Iman umat bertumbuh berkat kesaksian diwartakan dari waktu ke waktu. Tugas perutusan para Rasul kemudian dimandatkan
kepada para Uskup agar Gereja yang telah hidup itu tetap terjaga dan terpelihara dengan baik di setiap keuskupan.
Keuskupan Maumere digembalakan oleh Mgr. Edwaldus Martinus Sedu yang ditahbiskan sebagai Uskup tanggal 26 September 2018 yang lalu, menggantikan kegembalaan Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD yang telah memasuki usia pensiun. “
Bertolaklah ke tempat yang dalam, menjadi motto Episkopal beliau sebagai Uskup di Keuskupan Maumere. Apa yang telah dibuat  yang telah dibangun dalam bingkai kesatuan  hidup dan iman umat Keuskupan akan terus dilanjutkan dan diperdalam lagi.
Sebab semuanya karenaa anugerah dan kehendak Tuhan. “Dio olente, Domino Inspirante” (Allah menghendaki, Tuhan pula yang menginspirasi).Hari ini kita rayakan Ekaristi Hari Minggu Biasa XXXI.
 Kita juga mensyulkuri kasih dan cinta Tuhan melalui kegembalaan Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVI yang telah memimpin Keuskupan Weetabula- Sumba selama 22 tahun dan memimpin Keuskupan Maumere/Flores selama 10 tahun. Sekaligus kita memohon anugerah dan Cinta Tuhan untuk kegembalaan Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, supaya Gereja Keuskupan laumere terus berkembang dalam kehidupan iman umat yang semakin mendalam ( vocnewsindonesia.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *