Menteri Sosial Hadiri Konsolidasi dan Jejaring Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Seluruh Indonesia

vocnewsindonesia.com ,Jakarta – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri Konsolidasi dan Jejaring Kerja Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) koordinator Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia.

Acara Pembukaan kegiatan konsolidasi dan jejaring kerja TKSK dilaksanakan di ball room hotel Royal, Kuningan,Jakarta Selatan, (15/4) dengan dihadiri oleh Dirut BPJS Agus dan pejabat eselon satu dan dua Kementerian Sosial.

Menteri Agus Gumiwang dalam sambutannya tak lupa membacakan dua buah pantun yang berbunyi; Pukul bambu hingga terbelah nunggu bunga sedang merekah bekerja tanpa lelah kami berdoa selalu Barokah.

Ke Bandung lewat Cibadak beli oleh-oleh murah Harganya Siapakah yang paling hebat yang paling hebat adalah tksk, ujar Agus Gumiwang disambut sorak peserta.

Saat saya masuk ke ruangan ini mengikuti acara pembukaan tadi hampir saya menangkap suasana yang sempurna. saya melihat warnanya ini, (kuning) (red). Ini bukan saya yang meminta gambarnya,saya juga tidak pernah meminta dalam wilayah pemilihan warnanya dan juga lagu tksk jadi luar biasa juga bagus enak didengar.

Yang ketiga saya biar semangat yang luar biasa dari teman-teman tksk sampai 3 tadi kita menyanyikan lagu Indonesia Raya materi musik ya pengalaman saya pengalaman saya jadi itu artinya memang peserta sangat semangat.

Ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya pribadi maupun sebagai Menteri Sosial bisa berada di tengah-tengah teman-teman kalian para koordinator tksk yang hadir dari seluruh Indonesia.

Dan setiap saya melaksanakan tugas tersebut di lapangan saya banyak berjumpa dengan teman-teman tksk, saat saya berkunjung ke daerah, saya di selalu di temani oleh pejabat daerah baik itu Gubernur wakil gubernur Walikota wakil walikota, bupati wakil bupati semuanya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap tksk.

Semua saya lihat sebagai komitmen yang kuat dari tksk terhadap dukungan teman-teman kalian untuk pemerintah khususnya Kementerian Sosial selain tksk sendiri. Sebetulnya merupakan keluarga besar dari Kementerian Sosial benarnya Alhamdulillah kita semua mengetahui bahwa sebetulnya tugas utama dari tksk adalah menemukan jenis-jenis masalah sosial yang ada di lapangan membantu melakukan usaha dan juga mencari solusi-solusi. Tentunya semuanya harus dilaksanakan sesuai dengan aturan. Saya berpandangan bahwa teman-teman tksk dalam melaksana kan tugas di lapangan memerlukan dua hal yang harus kita selalu pegang.

Yang pertama adalah seperti apa yang saya sampaikan tadi kesan dari pejabat pemerintah daerah sehingga yang pertama merupakan hal yang sangat krusial yang sangat penting untuk teman-teman mereka bisa melakukan kerjasama yang erat dengan pemerintah daerah di setiap tingkatan termasuk dan khususnya kecamatan di wilayah kerja masing-masing.

Saya yakin ketika kita bisa menjalin hubungan dengan pemerintah daerah maka itu akan pasti mempermudah Tugas kita sehari-hari di lapangan. Kedua teman-teman tksk juga perlu untuk memperkuat kerja bersama dengan masyarakat, masyarakat ini bisa saja tokoh agama bisa saja LSM bisa saja kampus bisa saja dunia usaha karena saya yakin dengan teman-teman di lapangan menjalin hubungan erat berupa jejaring kerja dengan masyarakat terhadap teman-teman sekalian lagi akan lebih mudah.

kegiatan kita 4 hari terakhir ini selain teman-teman bisa melakukan silaturahmi tapi juga kegiatan ini mempunyai arti penting dalam rangka kita semua bisa saling bertukar informasi dan juga yang paling penting bisa berbagi pengalaman dalam rangka memperkaya kita sebagai modal kita kerja di lapangan nanti teman-teman atau masalah yang dihadapi oleh kita kedepan.

Tantangan tksk kedepannya tidak akan semakin mudah, pasti akan semakin Kompleks pasti akan semakin berat,pasti dinamika yang berkembang di masyarakat sangat tinggi dan mempunyai keunikan masing-masing. Sehingga masing-masing permasalahan itu memang harus kita tangani secara ini juga secara tepat secara proporsional.

Berkaitan dengan tantangan yang tidak akan lebih mudah ke depan karena suka atau tidak suka siap atau tidak siap kita kita sudah bukan menyongsong,tapi kita sudah masuk ke sebuah era, ke sebuah zaman yang disebut dengan zaman revolusi industri 4 poin 0.

Kita sudah masuk, sudah ada di situ bukan menyongsong kalau kita menyongsong, maka kita ketinggalan sekali. kita sudah ada di dalam revolusi industri 4 poin kosong, di mana basisnya dasarnya adalah teknologi digital. Teknologi digital manusia pada dasarnya teknologi itu untuk membawa untuk kebaikan untuk hal-hal positif kemajuan teknologi tentu bisa membawa hal yang positif pada program-program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah bisa berjalan.

Dengan kata kuncinya program-program yang dilaksanakan pemerintah bisa dijalankan dengan lebih cepat bisa dijalankan dengan lebih efisien atas dasar penggunaan teknologi canggih cepat dan dinamika yang berkembang di masyarakat sangat sangat cepat sehingga pemerintah pun harus mempunyai kemampuan untuk menjawab nya juga secara cepat.

Teknologi itu bisa membantu kita, namun bisa juga digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mungkin hanya untuk memperkenalkan teknologi itu tapi dia tidak sadar bahwa apa yang dilakukan itu bisa memunculkan masalah sosial yang pada gilirannya bisa merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

vocnews-MNRN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *