Skip to toolbar

Simposium PAPDI Forum Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

IMG_20190502_121254


vocnewsindonesia.com, Jakarta 2/5 Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia *(PAPDI)* kembali mengadakan simposium tentang “Sehat dan Bugar saat Berpuasa yg dirangkai dengan peringatan Hari HIPERTENSI Dunia, membahas 3 bidang utama yaitu :


1) *Puasa Aman untuk Pasien Diabetes*, disampaikan oleh *dr. Wismandari, SpPD K-EMD* Konsultan Diabetes DM – RSCM

2) *Bahaya Hipertensi bagi Organ Tubuh dan Penting untuk mengetahui Tekanan Darah, yg kita ketahui bisa sangat berbahaya bagi organ tubuh Jantung, Ginjal dan Stroke, yang akan disampaikan oleh dr. Aida Lydia, SpPD, K-GH* Konsultan Ginjal Hipertensi – RSCM

3) *Bugar saat Berpuasa pada Penderita Penyakit Kronis*, disampaikan ini oleh *dr. Ira Mistivari, Sp.KFR* konsultan Rehabilitasi Medik – RSCM.

Beliau semua adalah dengan pembicara-pembicara yg kompeten dan konsultan dibidang nya masing-masing.

Bertempat : Hotel Ibis Senen Jakarta Pusat Kamis, 2 Mei 2019 Penyelenggara: Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI),

Sehat dan Bugar Saat Berpuasa


Kedatangan Ramadhan menghadirkan suasana khas dan penuh religi yang dipenuhi dengan aktivitas ibadah. Oleh karenanya kehadiran Ramadhan selalu ditunggu-tunggu oleh segenap umat Islam. Ibadah puasa selama Ramadhan pun turut ditunggu-tunggu. Tidak sedikit dari umat Islam oleh karena penyakit kronik atau kondisi usia lanjut yang merasa was-was karena kuatir kondisi mereka bisa menjadi penghalang saat menjalankan ibadah puasa.

Secara umum tuntunan agama menyatakan bahwa puasa akan membawa kebaikan. Dalam Al-Qur’an surat AI-Baqarahayat 184 dikatakan:”……..,dan.puasamu itu Iebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” Dalam hadistnya Rasulullah juga mengatakan : ” puasalah kamu maka kamu akan sehat”. Hanya saja pada keadaankeadaan tertentu seseorang diperbolehkan tidak berpuasa karena alasan kesehatan, bepergian, usia sangat lanjut, dan lain-lain.

M-L

Bagi kaum muslimin yang memiliki masalah-masalah kesehatan dan kondisi rentan sakit, tampaknya persiapan juga harus mencakup masalah pengetahuan kesehatan yang berhubungan dengan penyakitnya dan puasa itu sendiri. Pemahaman yang baik terhadap pencegahan penyakit dan penatalaksanaan sederhana mandiri perlu diberikan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Adanya gangguan kesehatan atau penyakit seringkali menjadi kekhawatiran tersendiri bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa. Pengetahuan akan penyakit dan tatalaksananya serta penanganannya dalam kondisi khusus seperti berpuasa menjadi panting untuk di ketahui oleh mereka yang akan menjalankan ibadah puasa.

Untuk membantu masyarakat umum memasuki bulan Ramadhan dengan persiapan optimal dan tanpa kekhawatiran sehingga dapat menjalankan puasa dengan sempurna maka Perhimpunan Dokter Spesialis penyakit Dalam Indonesia (PAPDI ) takan erus membantu masyarakat dalam memberikan pemahaman yang baik tentang tips-tips persiapan menjalani ibadah puasa, terutama bagi yang memiliki masalah kesehatan khusus.

Program rutin untuk masyarakat luas yang dikemas dalam acara PAPDI Forum kau mi juga bertepatan dengan hari Hipertensi Sedunia yang akan membahas tentang persiapan kesehatan menjelang Ramadhan dengan tema utama : “Sehat dan Bugar Saat Berpuasa”.

PAPDI Forum ini akan mengupas berbagai masalah kesehatan seputar Kencing Manis dan Darah Tinggi, dan bagaimana menjaga kebugaran saat berpuasa. khususnya tertuju untuk mereka yang menderita penyakit kronis. PAPDI forum juga berupaya untuk memberikan pemahaman serta kiat untuk mampu melaksanakan ibadah puasa dengan keterbatasan yang dimiliki tanpa mengurangi nilai esensi
ibadah itu sendiri.

Para pakar yang menyampaikan presentasi terdiri Konsultan Diabetes yaitu dr. Wismandari, SpPD, K-EMD, FINASIM dengan topik ”Puasa Aman Bagi Pasien Diabetes”, kemudian Konsultan Ginjal Hipertensi yaitu dr. Aida lydia, SpPD, K-GH, FINASIM dengan topik ”Kontrol dan Kenali Tekanan Darah Anda”, serta Konsultan Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yaitu dr. Ira Mistivani, SpKFR(K) dengan topik

“Bugar saat Berpuasa pada Penderita Penyakit Kronis”.

Melalui acara PAPDI Forum ini, diharapkan mampu terjadi interaksi positif serta perubahan cara pandang dan bersikap pada penyandang penyakit tertentu agar tetap memahami dan mematuhi aturan selama berpuasa agar penyakit yang disandang tetap dapat terkendali dengan baik dan diakhir puasa dapat predikat orang yang bertaqwa dan tetap sehat. Dan informasi yang didapat diharapkan dapat disebarluaskan kepada lingkungan terdekat agar memberi manfaat seluas luasnya.

Marhaban ya Ramadhan, Amien …..

Bidang Humas, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI)
vocnews-MNRN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *