Skip to toolbar

Workshop Road to Digital by Product Research & Website

WhatsApp Image 2019-07-12 at 15.00.21 (4)

Workshop Road to Digital by Product Research & Website

Kalsel- Dalam rangka memperingati hari UMKM Sedunia, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Selatan menyelenggarakan workshop Riset Pasar yang mengambil judul “Road to Digital by Product Research & Website”. Workshop diselenggarakan pada hari Sabtu, 29 Juli 2019 di salah satu hotel berbintang 4 di Banjarmasin.

Workshop ini berlangsung selama satu hari, dimulai dari pukul 08.30 WITA hingga pukul 18.00 WITA. Apindo Kalsel mengundang Bintang Research untuk menjadi pembicara. Founder Bintang Research yang juga dosen tetap fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta, Agustriani Muzayanah yang sering dikenal Any Agustri mengemukakan bahwa para pelaku UMKM sudah saatnya sadar riset pasar agar dapat mengurangi resiko kegagalan dalam berbisnis. “Dari data kami, kurang dari 27% perusahaan di Indonesia yang menggunakan riset pasar, selebihnya masih mengandalkan intuisi atau feeling dan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi),” paparnya.

Workshop kali ini membahas tentang riset pasar untuk produk baru dan pemanfaatan teknologi digital untuk UMKM. Agustriani membahas tentang pentingnya riset bagi suatu perusahaan sebelum meluncurkan produk baru, analisa kompetitor baik kompetitor langsung maupun kompetitor tak langsung, serta dilakukannya evaluasi terhadap produk baru tersebut secara terus menerus setelah diluncurkan ke pasar. Sedangkan CEO Bintang Research, M. Sigit Wahyu menjelaskan tentang pentingnya memahami kebutuhan dan keinginan konsumen sebagai dasar pijakan riset. Selanjutnya Sigit Wahyu menjelaskan tentang metodologi yang biasa dilakukan saat riset dan bagaimana melakukan sampel kepada pelanggan. Dalam pemaparannya, Sigit Wahyu menekankan bahwa pelanggan jangan dijadikan kelinci percobaan, pelanggan harus mendapatkan yang terbaik. Untuk itu sebelum diluncurkan produk harus ditest terlebih dahulu kepada sampel pelanggan.

Workshop kemudian diakhiri dengan penjelasan dari Esther Elsemina yang membahas tentang pentingnya UMKM untuk merambah teknologi digital. Teknologi digital di sini termasuk website dan media sosial. Pemanfaatan website dan media sosial sebagai salah satu channel pemasaran menjadikan UMKM memililki daya saing yang lebih tinggi dan menjangkau pemasaran produk lebih luas lagi. Dari pemaparan ini banyak UMKM yang aware terhadap dunia digital dan bahkan mendaftar untuk dibantu dibuatkan website dan media sosial. Peserta yang berjumlah 80 an orang itu tampak begitu antusias sehingga waktu sehari penuh untuk workshop itu pun seperti kurang.

vocnews-MNRN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *