Lewat ke baris perkakas

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsl DKI Jakarta mempersembahkan Pergelaran Pecinan Batavia 2019

IMG_20191116_211856


Mengenal Sejarah Pecinan di Indonesia

Vocnewsindonesia.com
Jakarta, pertunjukan Drama Kolosal tentang Perjuangan Menuju Kemerdekaan diPergelaran Pecinan Batavia 2019

Pecinan di Jakarta merupakan perpaduan yang menarik antara yang lama dan yang baru di ibu kota. Pecinan merupakan salah satu tambang emas warisan dan budaya dengan museum, bangunan tua, ruko bersejarah, dan pasar tradisional. Toko-toko dan kedai-kedai yang dikelola keluarga juga dapat ditemukan di pecinan. Namun. tahukah Anda sejarah pecinan di Jakarta?

Kedatangan etnis Tionghoa di Indonesia dimulai sejak abad ke 9 ketika orang Tionghoa merantau ke negara-negara di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Sebelum kota Batavia dibangun, sudah ada pemukiman bagi komunitas Tionghoa di dekat sungai Ciliwung. Pada pertengahan abad ke-17 ketika pertumbuhan penduduk kota mencapai 25.000 orang, komunitas Tionghoa berjumlah sekitar 3.000 orang.

Berdasarkan lukisan-lukisan yang dibuat oleh para pelukis pada abad ke-17, kota Batavia dihiasi oleh bangunan yang terbuat dari bata dan bagian atapnya bergaya Tionghoa.

Pada saat itu, komunitas Tionghoa juga membangun kelenteng dan umumnya permukiman komunitas Tionghoa berkembang di sekitar kelenteng.

Saat ini, kawasan pecinan di Jakarta tersebar di beberapa wilayah. seperti Pinangsia, Roa Malaka, Glodok, Pekojan, dan Tambora. Ada juga beberapa lainnya di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Budaya Tionghoa, termasuk pecinan. telah memberikan sentuhan berbeda ke ibu kota yang mempesona.

Mempertahankan pecinan mempakan salah satu upaya untuk melestarikan keanekaragaman budaya dl satu kota. Untuk mendukung upaya tetsebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsl DKI Jakarta mempersembahkan Pergelaran Pecinan Batavia 2019 yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 November 2019 di Taman Fatahillah, Kawasan Kata Tua.

Pada acara ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan komunitas Tionghoa akan menyelenggarakan pagelaran sejarah pecinan di Batavia yang menampilkan pagelaran drama kolosal kehidupan masyarakat etnis Tionghoa di Batavia. Pementasan “Nilai Tradisi Sejarah Pecinan Batavia 2019” dipersembahkan oleh seniman Betawi Atien Kisam yang akan meramaikan acara budaya ini.

Selain itu, ada juga penampilan barongsai, gambang kromong, plate spinning, dan gambus yang menampilkan kekayaan budaya.

Selama acara berlangsung, para pengunjung juga dapat mencicipi kuliner khas Tionghoa yang populer.

vocnews-MNRN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *