Prof. Dr.Hapzi Ali, MM : Orang Yang Sukses Adalah Orang Yang Bahagia Tanpa Syarat

IMG_20200607_201958

Jakarta, vocnewsindonesia.com- ” Orang yang sukses adalah orang yang bahagia tanpa syarat’ pernyataan tersebut dilontarkan oleh Prof. Dr. Hapzi Ali,MM,salah satu pembicara pada pelatihan Nation & Personal Character Building (NPCB) dihadapan 60 peserta dari 11 Universitas dan perguruan tinggi di Jakarta yang diselenggarakan menggunakan media aplikasi zoom (6/6/2020).

Hapzi Ali memberikan materi bertema ” pembangunan karakter bangsa bernapaskan Pancasila”. Pada pemaparan selanjutnya, Hafzi Ali memotivasi para mahasiswa dengan memaparkan dengan memberikan 10 kiat menjadi orang sukses.

Hapzi Ali menjelaskan ” jadi orang sukses itu adalah orang yang bahagia tanpa syarat di dalam hidupnya penuh syukur dan sabar”.Jadi kalau kita mengucapkan rasa syukur, maka itu akan berpengaruh pada otak. Otak akan merekam, selanjutnya akan merubah pemikiran kita dan action akan menentukan takdir dan nasib.

Pembangunan karakter diri dan bangsa untuk pencapaian prestasi bernafaskan Pancasila sebetulnya kalau kita mau disingkatkan tema ini soft skill bernafaskan Pancasila.

10 faktor hasil riset Stanley terhadap 700 orang, yang dipopulerkan oleh menteri Nadiem Makarim. Berikut 10 faktor teratas yang mempengaruhi kesuksesan seseorang.

Pertama adalah kejujuran kedua disiplin keras ketiga Mudah bergaul keempat mempunyai dukungan pendamping(mentor) kelima, Kerja keras, keenam kecintaan pada apa yang dikerjakan, ketujuh kepemimpinan, kedelapan kepribadian kompetitif, kesembilan Hidup teratur, kesepuluh kemampuan menjual ide.

Dari 10 faktor yang sangat menentukan ternyata faktor yang pertama adalah kejujuran. bukan nilai yang tinggi, bukan iQ yang tinggi, tapi yang utama adalah kejujuran.

Jadi kalau ingin jadi orang sukses tidak cukup jadi orang baik-baik saja, tetapi harus menjadi orang yang luar biasa. Hal ini tentunya motivasi kepada para mahasiswa dalam mengejar prestasi berdasarkan pada pembangunan karakter diri bangsa.

Bagaimana mencapai bahagia tanpa syarat, tentunya disamping penuh syukur dan sabar apa yang kita ucapkan itu berpengaruh pada otak kita action kita akan menjadi luar biasa dan action Saudara akan menentukan takdir.

Selain sepuluh faktor sukses diatas, untuk mencapai sukses di ” era now” ditentukan oleh empat faktor. Pertama Creativity atau kreatifitas. banyak sekali program yang belum terpikirkan oleh orang lain. Orang bisa meng-create konten saja di YouTube orang bisa sukses, bisa keliling dunia itu namanya kreatif. Ujar Guru Besar Universitas Mercu Buana ini.

Kemudian collaboration atau berkolaborasi dengan rekan-rekan, berkolaborasi dengan semua pakar, selanjutnya menjalin komunikasi, dan yang ke empat adalah critical thinkin. Terlepas dari 10 indikator yang mempengaruhi sukses seseorang, adalah fokus,kerja keras kerja tuntas, dan doa. Tutup Hapzi Ali

Pelatihan NPCB sendiri diselenggarakan oleh Universitas Mercu Buana selaku penerima Hibah PPM Dikti bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Pembumian Pancasila (DPP GPP). Pelatihan NPCB Angkatan I rencananya akan diperluas menjangkau seluruh mahasiswa di Indonesia.

Ini adalah pilot project pertama yang kami selenggarakan di Jakarta, kolaborasi antara UMB dan GPP. Melihat antusias mahasiswa pada pelatihan NPCB Angkatan Pertama ini, kami berharap Pelatihan NPCB bisa diselenggarakan di seluruh kampus di Indonesia, sehingga Pancasila membumi sebagai satu-satunya azas di negara ini, ucap Antonius Manurung selaku Instruktur Utama dan penggagas NPCB di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar