DPP GPP Gelar Rakor bersama DPD GPP Provinsi Sumatera Utara via Aplikasi Zoom

IMG_20200705_133754

Jakarta, vocnewsindonesia.com– Meski di tengah Pandemi Covid 19, tidak menyurutkan Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Pembumian Pancasila (DPP GPP) menggelar Rapat Koordinasi bersama Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Pembumian Pancasila Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom, Minggu, 5 Juli 2020

Rakor DPP-DPD GPP Sumut diawali dengan mengumandangkan Indonesia Raya, dan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPP GPP, Dr. Antonius D.R.Manurung, M.Si.

Dalam sambutannya, Dadang Darmawan Pasaribu, MSi selaku ketua DPD GPP Provinsi Sumatera Utara mengatakan “dalam rangka mewujudkan masyarakat Sosialisme di Indonesia sesuai dengan cita-cita yang disampaikan oleh Bung Karno, Bapak Bangsa, acara Rapat Koordinasi DPP – DPD mudah-mudahan menjadi momentum penting bagi masyarakat Sumatera Utara Umumnya dan Khususnya bagi Pengurus DPD GPP Sumatera Utara, sebagai upaya membumikan nilai -nilai luhur Pancasila di Bumi Sumatera Utara” Ujar Dadang dalam sambutannya.

Ketua Umum DPP Gerakan Pembumian Pancasila Dr. Antonius DR. Manurung, MSi dalam pengarahannya menekankan bahwa “Rapat Koordinasi DPP – DPD merupakan salah satu bentuk konsolidasi organisasi. Oleh karena itu, dalam konsolidasi organisasi perlu diingatkan kembali bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan spiritualitas bangsa harus dirawat dan dibumikan, ujar Dr. Anton.
IMG_20200705_154853
Kelahiran Pancasila 1 Juni 1945 yang tertuang dalam Keppres No. 24 Tahun 2016 sudah final dan tentunya tidak perlu dibahas-bahas. Siapapun yang mempermasalah kan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, dengan tegas GPP menyatakan bahwa orang atau kelompok tersebut tidak memahami sejarah bangsa. Tidak ada alasan bagi WNI tidak menyetujui 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila.

Proses perjalanan 1 Juni 1945, 22 Juni 1945, 18 Agustus 1945 merupakan satu kesatuan nafas yang tidak terputus dan terpisahkan dalam memahami Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia Merdeka dan Ideologi Bangsa Indonesia.

Selanjutnya Ketum DPP GPP menghimbau kepada seluruh Pembina dan Pengurus DPD GPP Sumut untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong dalam Pembumian Pancasila. Diperlukan konsistensi dalam perjuangan, karena Bung Karno, Pemimpin Besar Revolusi kita senantiasa menunjukkan Sikap Konsisten, yaitu keberpihakannya terhadap kebenaran, tidak pernah menggoyahkan pendiriannya terhadap musuh-musuh revolusi, baik dalam maupun luar negeri. Sejarah hidupnya membuktikan fakta tersebut. Ingat: “GO TO HELL WITH YOUR AID”, ketika Ia akan dibelenggu dengan cara-cara peluru emas. Untuk itu, dalam perjuangan membumikan Pancasila, diperlukan keteladan revolusioner dalam membumikan Pancasila, imbuh Dr. Anton, yang juga sebagai Dewan Pakar DPP PA GMNI.

Dr. Bondan Kanumoyoso selaku Sekjen DPP GPP menekankan strategi pembumian Pancasila diwujudkan dalam program konkrit. Program DPD GPP perlu mengacu pada grand strategy program DPP, mengacu pada 7 (tujuh) bidang kerja. Dari ketujuh bidang kerja, ada 5 program unggulan DPP yang bisa diiikuti oleh DPD, yaitu: 1) Konsolidasi Organisasi dan Penguatan Internal, 2) Nation and Personal Character Building (NPCB), 3)Diskursus Ideologi, 4) Kaderisasi, dan 5) Pengembangan Budaya, Masyarakat, Jaringan, dan Media Komunikasi, imbuh Dr. Bondan, yang juga sebagai Sejarawan Indonesia.

Rakor juga diisi dengan materi strategi fund raising oleh Bendahara Umum DPP, dr. Stellon Salim; materi efektivitas pengembangan program kerja oleh Ketua I DPP, Bondan Wicaksono, ME.; dan pencapaian program jangka pendek: NPCB, diskursus ideologi, deklarasi dan pelantikan DPC serta Peringatan HUT RI ke-75, Pengakuan 70 tahun NKRI, Sumpah Pemuda, dan Hari Pahlawan oleh Ahmad Nurcholish, MA, Ketua V DPP dan sekaligus PIC Rakor.
IMG_20200705_134646
Untuk memperdalam materi rakor dikembangkan diskusi dan dialog terlihat sangat dinamis dan antusias dari sejumlah peserta. Selanjutnya, Ketua DPD GPP Sumut, Dadang Darmawan Pasaribu mempresentasi kan program kerja DPD Sumut yang mengacu pada grand strategy program kerja DPP.

Pada bagian akhir, Ketum DPP berpesan agar hasil Rakor segera disosialisasikan kepada seluruh calon pengurus DPC dan anggota GPP di Sumatera Utara serta dapat bahu – membahu mensukseskan program jangka pendek satu tahun ke depan.

Rakor online ini dimulai pada pukul 12.45, dihadiri oleh Pembina dan Pengurus DPP GPP, dan Calon Pengurus DPC GPP Sumut, yang berakhir pada pukul 15.30 wib.Acara ditutup dengan Doa dan diakhiri dengan Menyanyikan Lagu Bagimu Negeri.

Dalam melakukan kegiatan organisasinya, meski terhitung sebagai ormas baru, namun GPP tercatat sebagai organisasi yang cukup aktif melakukan kegiatan sepanjang tahun 2019-2020. diantaranya; Pelantikan DPD GPP Sumut, 10 November 2019, Dialog, Deklarasi dan Pelantikan DPD DKI Jakarta, 24 November 2019, Pelantikan DPD GPP Provinsi Banten, 22 Desember 2019, Pelantikan DPD GPP Jawa Barat 16 Maret 2020.

Malam Renungan dan Bakti Sosial Kesehatan HUT RI ke 74 di Rengas Dengklok (16-08-2019), Bakti Sosial Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat kepada pengurus DPD Pejuang 45 DKI (17-08-2019), Lomba Pidato, Baca Puisi, Artikel, dan Video Pendek dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 di PHDI Rawamangun, Jakarta Timur, Malam Renungan Sumpah Pemuda memperingati 91tahun Sumpah Pemuda ( 28-10-2019)- (28-10-2019) di Museum Sumpah Pemuda tgl 27 Oktober, Malam hari.

Seminar online Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020, Refleksi Kebangsaan dan Kerakyatan dalam rangka HUT 75 tahun Hari Lahir Pancasila dan HUT ke I Gerakan Pembumian Pancasila (1 Juni 2020), Pelatihan NPCB angkatan I (6-6-2020) bekerjasama dengan UMB dan Dikti, NPCB angkatan II (20-6-2020), Peringatan Haul Bung Karno ke 50 (21-6-2020), Rakor DPP GPP dan DPD GPP Sumut, dan sejumlah kegiatan lainnya yang belum disebutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar