Skip to toolbar

Pembukaan Mubes 1 Kebugis “Tema Penyatuan Potensi Mempererat Silaturahmi untuk Kemajuan Keluarga Bugis Sidenreng Rappang di Perantauan

IMG-20211121-WA0003

Mubes1 kebugis “tema penyatuan potensi mempererat tali silaturahmi untuk kemajuan keluarga Bugis Sidenreng Rappang di Perantauan.
Screenshot_2019-01-18-19-47-42-1

Laporan Minarni Djufri MP

Jakarta – Kerukunan keluarga Bugis Sidenreng Rappang (KEBUGIS) menggelar Musyawarah Besar (Mubes ke – 1) yang dilaksanakan di hotel Kartika Chandra Jakarta Selatan.sabtu 20/11/2021.

Mubes dengan agenda utama pemilihan ketua umum DPP KEBUGIS akan digelar selama dua hari sejak tanggal 20-21 November 2021.
IMG-20211121-WA0002
Tampak hadir dalam acara mubes 1 Kebugis DR H.Andi Jamaro Dulung,DR.Ir Muhammad Djafar Hafsah (ketua dewan pertimbangan kebugis), Dra. Hj. Andi Nur hayati Jamaro, MSi( Ketua IWSS).

Pembukaan mMbes ke -1 di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

IMG-20211121-WA0004
Usai pembacaan ayat suci Alquran dilanjutkan dengan laporan ketua panitia pelaksana Mubes 1 kebugis Hj. Wahida Laomo,SH.MSi.

IMG-20211121-WA0005
Ketua Umum DPP kebugis,Irjen Pol (Purn) DR.M Said Saile, MSi. dalam sambutannya mengatakan ” Saya mungkin orang pertama yang mengucapkan syukur kerena pada malam ini tidak pernah menyangka kalau yang hadir acara mubes ini tumpah ruah seperti awal pelantikan dan pengurusan kebugis.

Seperti yang tadi di sampaikan pada tanggal 18 April kita mengundang 600 orang tapi yang hadir lebih 1400 orang. jadi sudah sesuai dengan nama dari Sidenreng Rappang. jadi Sidenreng itu saling tarik menarik, bersinergi.
Kemudian Rappang itu ratte tadi beliau tanya saya apa artinya Sidenreng Rappang.

“Malam ini tanggal 20 pengurusan saya ini sebetulnya nya sudah melewati waktu jadi seharusnya kami mubes tahun 2020, karena Pandemik sesuai SK dari DPP KKSS harus di perpanjang waktunya dan tidak di tentukan. Sudah berapa kali kami ingin melaksanakan tapi tidak memungkinkan di karenakan covid .jadi saya hitung mulai di Lantik pertanggal 18 hingga tanggal 20 malam ini kalau saya hitung bulannya 77 bulan 70 hari. Kalau di hitung hari ini 2330 hari saya memimpin kebugis ini” Ujarnya.

Kebugis ini diinisiasi oleh beberapa keluarga saya , keluarga kami orang Bugis, paling tidak ada tujuh semua hadir pada malam ini kecuali satu karena sudah almarhum satu bulan yang lalu yaitu H. Marzuki,SH. Ini di gagas di Lemhanas waktu itu saya masih bertugas di Lemhannas ada beberapa orang tujuh atau delapan orang yang datang ke saya bagaimana kalau kita membentuk kerukunan keluarga Sidrap.lalu saya bilang ini nanti nama nya apa ,saya tidak mau sama dengan yang lain ada kependekan KSS dan lain,cari lagi yang lain. Lalu kami cari dan kemudian kami sepakati dengan nama keluarga Bugis Sidrap,lalu banyak yang komplain terutama keluarga Bugis dan bilang kenapa hanya ke Bugis Sidrap saja yang mengunakan nama kebugis Sidrap, itulah untungnya kalau anak terakhir yang lahir bisa pilih nama.kata ketum Kebugis ini.
IMG_20211120_223834

Usai acara KeBugis sejumlah media menemui ketua panitia pelaksana mubes 1 KeBugis, media melakukan wawancara secara khusus. Hj.Wahida Laomo mengatakan” hari ini tanggal 20 malam ini acara pembukaan mubes 1 kebugis besok pagi tanggal 21 akan di lanjutkan dengan sidang pembahasan komisi komisi dan malam harinya pemilihan ketua umum DPP kebugis.Acara ini di hadiri oleh 15 DPW kalau hadir semua tapi saya mendapat laporan mungkin ada 9 DPW dan 5 DPW persiapan.

Kami mempersiapkan Mubes 1 Kebugis ini kurang lebih selama 3 bulan, selama ini kami sudah tertunda 2 kali dikarenakan covid 19. Seharusnya kita melaksanakan mubes ini di tahun 2019 akhirnya pindah ke tahun 2020 tetapi di karenakan di perpanjang,maka di waktu inilah kita melaksanakannya di tahun 2021 karena masa kepengurusan sudah di perpanjang selama 2 tahun.

Kronologi berdirinya kebugis ini sudah lama, cuma secara resmi baru di kukuhkan dan di resmikan pada tanggal 18 April 2015. Berarti sudah ada satu tahun masa perpanjangan. Kebugis pertama kali di kukuhkan pengurusnya di Wahana Manggala Wana Bhakti, dan sekarang kebugis yang definitif sudah ada 16 provinsi dan 5 provinsi persiapan besok akan di kukuhkan. kemudian ada pengurus daerahnya sekitar lebih 10 tapi yang datang melapor baru 7. Nah DPW juga ada beberapa persiapan tapi itukan akan di kukuhkan oleh wilayah masing-masing.

Kandidat calon ketua Umum saat ini baru ada 2 orang : satu bapak haji mashur selaku ketua SC, satunya bapak haji surianto Mujib, ketua Kebugis kalimantan Selatan. Syarat utama untuk menjadi ketua umum di kebugis adalah mampu menjalankan roda organisasi ini kedepan,dan punya waktu, mampu mengatur jalannya organisasi atau memanejemen kemudian apapun itu organisasi kedaerah begini tidak terlepas daripada dana.

Itu menjadi pokok syarat utama, apalagi KEBUGIS ini hampir semua di kegiatan kegiatannya tidak ada sumber selain dari anggota suka rela khususnya ketua.

Pemilihan ketua akan di laksanakan pada esok sore hari, besok kita mulai dari jam 8:30 wib , itu baru memasuki pembahasan tata tertib, kemudian laporan pertanggungjawaban, kemudian pembagian komisi komisi dan persyaratan pendaftaran pemilihan ketua.

IMG-20211121-WA0006

IMG-20211121-WA0007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *