Skip to toolbar

Selendang Biru Nusantara Siapkan Dana Hibah Pemilu 2024

IMG_20220603_144156

Jakarta, vocnewsindonesia. com- Majelis Pimpinan Nasional NGO Selendang Biru Nusantara siap memberikan dana hibah kepada KPU pusat untuk pelaksanaan pemilu yang akan dilangsungkan pada tahun 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Selendang Biru Nusantara A.M Nuhuyanan didampingi Sekjennya, Bendahara dan pengurus inti lainnya dalam conference press di RM Handayani, Matraman Jakarta Timur, Jumat, (3/6).

A.M  Nuhuyanan menyampaikan bahwa dirinya bersama pengurus sudah mendatangi KPU Pusat beberapa waktu lalu dan menyatakan akan memberikan dana hibah kepada KPU agar dapat melaksanakan pemilu pada tahun 2024 kelak.

Sebagai bentuk keseriusan lembaganya, maka secara administrasi sudah bersurat ke KPU dan siap memberikan dana hibah dimaksud.

KPU juga sudah membalas perihal rencana pemberian dana hibah tersebut melalui surat balasannya nomor 1010/KU.07-SD/01/2020 Tanggal 13 Mei 2022 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KPU Bernard Dermawan Sutrisno.

Dalam suratnya KPU menyatakan bahwa untuk pelaksanaan Pemilu, Pemerintah sudah sudah mengatur melalui ketentuan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum BAB XVII Pendanaan, pasal 451 ayat (2) menyatakan bahwa dana penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu wajib dianggarkan dalam APBN.

Juga diatur dalam Undang-Undang nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang BAB XXII Pendanaan pasal 166 menyatakan bahwa pendanaan kegiatan pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan dapat didukung melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berikut beberapa poin penting yang disampaikan NGO Selendang Biru Nusantara melalui suratnya yang dibagikan kepada awak media yang hadir.

1. Hadirnya NGO Selendang Biru Nusantara adalah bentuk partisipasi aktif kami sebagai bagian yang utuh dari seluruh rakyat Indonesia yang berkomitmen penuh menjaga keutuhan NKRI,dan mengambil bagian dan turut serta bersama Pemerintah dalam setiap derap langkah pembangunan di seluruh Indonesia;

2. Kehadiran NGO Selendang Biru Nusantara bukanlah sebagai pembanding atau koreksi, apalagi kritik terhadap keberadaan dan kondisi Pemerintah, Swasta maupun organisasi organisasi berbasis kemasyarakatan, sebab kami menyadari dengan sebenar-benarnya bahwa persoalan Bangsa dan Negara adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat Indonesia;

3. Menyikapi situasi dan kondisi Nasional jelang Pemilu 2024 terkait periodesasi sebagaimana amanat Konstitusi bahwa pemilu tetap akan di laksanakan sesuai jadwal yang sudah di tetapkan

4. Sebagai wujud partisipasi aktif kami dan untuk mewakili rakyat Indonesia agar penyelenggaraan pemilu 2024 berjalan sesuai dengan rencana maka NGO Selendang Biru Nusantara berencana menghibahkan dana sesuai kebutuhan pemilu tahun 2024 kepada
KPU RI sesuai ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

5. Dengan adanya konferensi press ini agar seluruh rakyat Indonesia bisa mengawal jalannya penyerahan dana hibah ini agar pemilu berjalan sesuai dengan ketetapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

6. Untuk pembuktian dan validasi dana hibah dilakukan oleh financial engineering NG0 Selendang Biru Nusantara dengan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia melalui pemerintahan Republik Indonesia

7. Dengan penyerahan dana hibah tersebut kami sebagai NGO Selendang Biru Nusantara melakukan peran aktif kami dalam menjaga NKRI mewakili Rakyat Indonesia dan merawat iklim demokrasi yang sehat dan kondusif bagi percepatan pembangunan yang berkesinambungan menuju Indonesia adil, makmur dan sentosa.

Sekjen Majelis Pimpinan Nasional, Hamdan menyatakan kehadiran Selendang Biru Nusantara merupakan organisasi yang masih berumur muda, namun memiliki potensi besar untuk membangun bangsa. Conference press ditutup dengan pembacaan doa oleh ustadz Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *