Lewat ke baris perkakas

Rakernas Kebugis Usung Tema “Melalui Rakernas Kebugis, Kita Bangun Sinergitas Untuk Memaksimalkan Silaturahim Dan Potensi Warga Di Perantauan.

IMG-20221212-WA0033

Laporan Minarni djufri.MP
Jakarta – Dengan mengusung tema “ Melalui Rakernas Kebugis, Kita Bangun Sinergitas Untuk Memaksimalkan Silaturahim dan Potensi Warga di Perantauan “, Pengurus Besar Keluarga Bugis Sidenreng Rappang ( PB KEBUGIS) melaksanakan Rakernas bertempat di Hotel Golden Boutique Kemayoran, Jakarta, (11/12/2022).

Rakernas dibuka oleh Ketua Umum BPP KKSS, H. Muchlis Patahna SH, M,Kn, dengan peserta sebanyak lebih kurang 300 undangan yang hadir pada saat pembukaan Rakernas.

Hadir sejumlah tokoh pada rakernas Kebugis masing-masing, Sekda Kabupaten Sidrap, H. Basra, S.Kep,.M.Kes mewakili Bupati Sidrap, Ketua Umum Pertama Kebugis, Irjen Pol. (purn) Sais Saile, Pengurus IWSS, Pengurus KKSS, Pengurus Wilayah Kebugis, Pengurus Daerah serta para undangan dan peninjau.

Rakernas dibuka dengan tarian daerah dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an yang dibacakan oleh Ust.Syawal Mubarak, pembacaan ayat suci Al –qur’an, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya disambung dengan menyanyikan lagu Mars Kebugis, dan pembacaan doa oleh Dr.Hamka Hasan.

IMG-20221212-WA0046
Ketua Panitia Rakernas Kebugis Dr. Haikal Ali, SE, MTP dalam laporannya menyampaikan bahwa rakernas ini adalah sebagai amanah dari Mubes yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Februari 2021 yang mengukuhkan Bapak Mashur Bin Mohammad Alias, SH, M. Si, sebagai Ketua Umum terpilih. Sebagai amanah, bahwa awalnya Rakernas akan diadakan disalah satu kota di Sulawesi Selatan. Namun atas dasar berbagai pertimbangan, dan diputuskan dalam rapat pleno pada 28 Oktober 2022, maka akhirnya diputuskanlah rakernas dilaksanakan pada hari ini, ujar Haikal.
IMG-20221212-WA0041
Ketua Umum Kebugis Mashur bin Mohammad Alias , SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan ” Pertama-tama kita harus komitmen bersama bahwa kita semua yang hadir disini tidak masuk jannahnya Allah Subhannawataallah kalau tidak bersama-sama.

Lebih lanjut ujar Mashur, saya menitip pesan kepada seluruh pengurus dan anggota Kebugis, jika pulang nanti sebarkan kebaikan, jangan tidur jika tidak menebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya, dimana saja, ini menjadi catatan amal kebaikan yang akan kita tuai di akherat kelak.

Terakhir saya atas nama Kebugis mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada acara Rakernas hari ini, ucap Tokoh Pengusaha sukses asal Sidrap, Sulawesi Selatan ini di akhir sambutannya.
IMG-20221212-WA0062
Sekda Sidrap H. Basra, S.Kep,.M.Kes mewakili Bupati Sidrap dalam sambutannya mengatakan ” Bupati Sidrap memesan kepada saya, kalau bisa agar pentolan-pentolan Kebugis yang ada di perantauan membawa dana ke Sidrap dalam rangka pembangunan dan pemerintahan.

Karena, ujar Sekda yang baru di lantik beberapa hari ini, pasca pandemi covid kemarin berimbas kepada keuangan daerah. Untuk itu pesan Bupati kepada saya agar pembangunan yang tidak bisa di biayai oleh APBD dapat diisi oleh masyarakat Kebugis di perantauan.

Lebih lanjut katanya, saya minta masukan kepada Ketua Umum Kebugis, sesuai arahan Bupati kiranya tokoh Kebugis bisa mengisi pembangunan di Sidrap, karena APBD Sidrap yang diserap hanya bisa digunakan pada tiga sektor yakni sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, sedangkan yang lain tidak boleh. Jadi saya mohon ijin usai ini kita akan diskusi dan mohon masukannya, kata Sekda di akhir sambutan.
IMG-20221212-WA0058
Ketua Umum BPP KKSS Muchlis Patahna, SH, M.Kn saat memberikan sambutan mengatakan ”Baru kali ini saya lihat Rakernas Pilar KKSS banyak sekali yang datang, hampir semua pengurus Pilar di KKSS hadir. Ini menunjukan Kebugis sukses membangun komunikasi, luar biasa ujarnya.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan nasionalisasi kita berorganisasi harus ada komunikasi yang baik antara pengurus pilar di daerah dengan pengurus wilayah KKSS, sehingga terjadi harmonisasi antara KKSS dan Pilar sehingga jelas Tupoksinya masing-masing, Pungkasnya.
IMG-20221211-WA0023
Pada rakernas ini juga di launching sekaligus pemberian secara simbolis Perdana Kartu Tanda Anggota Kebugis oleh Sekjen Kebugis Kolonel Adm. Amiruddin Laupe, S.Sos, MM kepada Ketua Umum Kebugis, PW Sulteng, PD Mimika.
IMG-20221212-WA0045
Rakernas juga diisi dengan Ceramah singkat dibawakan oleh tokoh asal Sidrap, Dr. H.Ibrahim, SH, MH,LLM, Hakim Agung Republik Indonesia. Dalam paparannya, Dr. Ibrahim mengatakan “ melalui forum ini saya berharap kepada semua yang hadir disini , agar dapat menjadi orang yang baik dan amanah, tetapi hal yang penting bagi saya ini adalah sebuah berkah tersendiri karena saya bisa menyampaikan amar Makruf nahi mungkar.

Lebih lanjut ujar Ibrahim , bahwa sesuai dengan amanah yang saya emban sebagai Hakim Agung, ada pengalaman- pengalaman bapak -bapak dan ibu -ibu termasuk sebenarnya perkara -perkara yang berat yang berasal dari Sidenreng Rappang. Itu dulu orang tua kita di kampung dahulunya sering memberikan pinjaman lahan kepada saudaranya yang tidak memiliki lahan di kampung, dikarenakan saudaranya tersebut tinggal di rantau.

Namun yang menjadi masalah, beberapa tahun kemudian tanah tersebut disertipikatkannya, sehingga menjadi masalah kepada ahli waris yang orang tuanya sudah meninggal.

Untuk itu saya berpesan kepada semua Saudara – saudara Kebugis agar menjaga nilai -nilai kejujuran yang di pesankan oleh orang tua kepada kita .
IMG-20221212-WA0064
Di penghujung Rakernas, Ketua Umum PB Kebugis Mashur Bin Mohammad Alias mengumumkan akan ada pembagian door price berupa 5 buah kompor gas, tv 32 inc, mesin cuci dan kulkas.

IMG-20200326-WA0007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *