Skip to toolbar

Program Pengabdian Masyarakat UI 2019″Aksi Pencegahan dan Pendampingan Anak Jalanan Terhadap Pengaruh Narkoba Dikota Depok.

IMG_20190806_090411

Aksi Pencegahan dan Pendampingan Anak Jalanan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia terhadap Pengaruh Narkoba di Kota Depok

Vocnewsindonesia.com.

Depok, kegiatan pengabdian masyarakat oleh civitas Fakultas Ilmu Administrasi UI yang diketuai oleh Dra. Afiati Indri Wardani, M.Si. Melalui program UI Peduli Aksi ini bertujuan untuk mendukung Aksi Pencegahan dan Pendampingan Anak Jalanan terhadap Pengaruh Narkoba dalam rangka mewujudkan Kota Depok terbebas dari pengaruh Bahaya Narkoba.

Presiden RI Bapak Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia Darurat Narkoba. Maka, diperlukan keterlibatan semua stakeholder untuk aktif berpartisipasi dalam berkolaborasi mencegah, memberantas penyalah gunaan peredaran gelap narkotika.

Kolaborasi ini perlu untuk meningkatkan kewaspadaan dan melindungi generasi muda Indonesia terhadap Bahaya Narkoba. Dalam ranah pencegahan narkoba, terdapat empat lingkungan yang menjadi sasaran yaitu lingkungan pemerintah, lingkungan masyarakat, lingkungan pekerja dan lingkungan pendidikan.

Dalam hal ini Universitas Indonesia sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia perlu untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan Pencegahan terhadap Bahaya Narkoba. Aksi ini juga ditujukan untuk membantu Pemerintah Kota Depok melakukan pencegahan dan pendampingan terhadap anak jalan yang rentan terhadap pengaruh narkoba.

Pencegahan dan pendampingan anak jalanan tersebut merupakan salah satu indikator kebijakan Pemerintah Kota Depok. Fokus perhatian diberikan kepada anak jalanan karena anak jalanan merupakan salah satu kelompok dalam masyarakat yang rentan terhadap pengaruh narkoba.

Adapun kegiatan ini berfokus pada pendampingan anak jalanan yang berada di Kota Depok mengingat di Kota Depok ancaman Narkoba merupakan ancaman nomor dua setelah kriminalitas pencurian. Selasa, 6 Agustus bertempat di Baleka dua, Kantor Walikota Depok.
Hadir sebagai Narasumber Bpk Purwoko Nugroho.SSI.MSI.dari BNN kota Depok.
BPK Drs. Chairuddin dari KPPAI kota Depok.

Purwoko Nugroho BNN Depok memaparkan Narkoba,Bahaya dan Strategi penanggulangan.Kasus penyala gunaan Narkoba kian luas dan meningkat.Narkoba Adalah zat atau obat yang ilegal yang artinya narkoba hanya untuk pengobatan medis.

Narkoba ,Psikotropika,bahan Adiktif lainya zat atau obat, berasal dari tanaman atau bukan tanaman, sintetis maupun semi sintetis, yang jika di salah di gunakan akan mengakibatkan ketergantungan hingga kematian. Narkotika :ganja,morfin,condein dll .
Psikotropika:obat penenang dll.
Bahan adiktif :rokok,alkohol,kafein,dll.

Polres Depok” Kasus semakin meningkat.
Target pengedar /bandar ” anak usia dini (TK-SD).
Ingin tau, di paksa teman , stress.
Modus beragam :makanan /minuman,Vape ,dll
Jenis bervariasi : cairan ,jeli,dll.
800 NPS di dunia tembakau gorila,dll.
Tren saat ini obat golongan G.

Strategi Penanggulangan
Pererat hubungan keluarga Perdalam agama
Perbanyak aktivitas positif (olah raga,seni, dll)
Selektif dalam berteman.
Banyak baca. Berani berkata tidak.

vocnews-MNRN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *