Skip to toolbar

Persada Capital Investama dan Adaro Foundation Berkolaborasi dengan Ruangguru Berikan Beasiswa untuk lebih dari 3600 Guru dan Siswa

IMG-20190820-WA0002

Persada Capital Investama dan Adaro Foundation Berkolaborasi dengan
Ruangguru Berikan Beasiswa untuk lebih dari 3600 Guru dan Siswa
Vocnewsindonesia.com
Jakarta, 19 Agustus 2019. Persada Capital Investama menggandeng Ruangguru memberikan Persada Scholarship kepada lebih dari 1800 guru di 15 kota/kabupaten dan 1800 siswa di 12 kota/kabupaten di Indonesia.

Persada Scholarship adalah beasiswa berupa akses belajar di Ruangguru selama 1 tahun untuk siswa-siswi berprestasi kurang mampu dan guru berprestasi. Program yang diselenggarakan sejak Juni 2018 hingga Juni 2019 ini kemudian mendapat dukungan dari Adaro Foundation pada Maret 2019 sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Presiden Direktur Persada Capital Investama dan Komisaris PT Adaro Energy Tbk, Arini Subianto mengatakan “Pendidikan memiliki peran vital dalam memutus rantai kemiskinan. Itulah sebabnya kami mendukung peningkatan kualitas pendidikan melalui berbagai upaya yang dapat menjangkau
seluruh lapisan masyarakat.

Salah satunya kolaborasi kami dengan Adaro Foundation dan Ruangguru yang bertujuan untuk memberikan kemudahan pembelajaran secara online bagi siswa dan guru tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kami bangga karena kolaborasi ini telah memberikan dampak positif bagi para penerima beasiswa.”

Kerjasama Adaro Foundation dan Persada Capital Investama merupakan bagian dari Program “Adaro Nyalakan Ilmu” yaitu komitmen tanggung jawab sosial di bidang pendidikan dengan skema Grant Match senilai Rp 1,1 triliun yang diluncurkan tahun 2018.

Lebih lanjut, Ketua Umum Adaro Foundation, Okty Damayanti menjelaskan, “Melalui Adaro Nyalakan Ilmu, kami menjalankan program-program yang fokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia
dengan memadukan pengetahuan, keterampilan dan pengembangan karakter. Adaro percaya bahwa pendidikan faktor penentu kemajuan bangsa.

Bukan hanya pendidikan akademik namun juga pendidikan karakter, sehingga diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas,tangguh dan berdedikasi tinggi, yang merupakan modal utama pembangunan bangsa”.Persada Scholarship terdiri dari 2 program yakni program beasiswa persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kepada 1800 siswa diKota/Kabupaten Lhokseumawe, Deli,Serdang,Pematangsiantar,Pangkalpinang, Jambi, Banjarbaru,Brebes, Kendal, Semarang, Banyumas, Tabanan, dan Bireuen.

Untuk guru, Persada Scholarship dikemas dengan nama Indonesia Teaching Fellowship (ITF) di mana guru mendapatkan akses ruangbelajar for teacher di aplikasi ruangguru selama 1 tahun. Guru mendapatkan pelatihan mengenai perencanaan kurikulum, strategi pembelajaran, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, manajemen pendidikan berbasis sekolah, keterampilan sosial guru, dan pendidikan inklusif.

Iman Usman, pendiri Ruangguru mengatakan keberhasilan para siswa ini didukung oleh platform yang disediakan Ruangguru yaitu ruangbelajar dan akses tutoring online melalui ruangguru digitalbootcamp.

“Siswa selain dapat mengakses puluhan ribu video belajar dan ratusan ribu latihan soal secara gratis.
Platform Ruangguru juga mendapatkan fasilitas konseling dalam mengatasi masalah belajar hingga memilih jurusan kuliah. Dengan fasilitas ini nilai rata-rata UN siswa Persada Scholarship lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata UN tingkat nasional dan daerah tempat tinggal masing-masing siswa Persada.

Lebih dari 55% siswa Persada Scholarship telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)”, jelas Iman Ego, salah satu penerima Persada Scholarship asal SMA Negeri 1.Pangkalpinang, yang menjadi
pembicara di World Speech Day 2019 mengungkapkan rasa syukurnya telah menjadi bagian dari Persada Scholarship. “Saya bersyukur sekali bisa terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa
Persada Scholarship.

Ruangguru benar-benar membantu dalam mempersiapkan saya menghadapi ujian sekolah. Tidak hanya menyiapkan secara akademis tetapi juga memberikan motivasi”. Kolaborasi Adaro Foundation, Persada Capital Investama dan Ruangguru ini merupakan langkah nyata untuk memberikan akses pendidikan kepada putra-putri Indonesia.

Tentang Adaro Foundation Adaro Foundation adalah yayasan yang didirikan oleh PT Adaro Energy Tbk untuk menjalankan program CSR berkelanjutan. Di bawah tema “Adaro Nyalakan Perubahan”, kegiatan Adaro Foundation
mencakup 5 pilar yaitu Adaro Nyalakan Ilmu (Pendidikan), Adaro Nyalakan Raga (Kesehatan), Adaro Nyalakan Sejahtera (Ekonomi), Adaro Nyalakan Budaya (Sosial Budaya), dan Adaro Nyalakan Lestari (lingkungan).

Flagship Program Adaro Foundation adalah Adaro Nyalakan Ilmu yang berfokus pada
pengembangkan dan peningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memadukan pengetahuan,keterampilan dan pengembangan karakter. Lima program Adaro Nyalakan Ilmu yang strategis adalah Adaro PAUD Berkarakter, Adaro Vokasi Mandiri, Adaro Santri Sejahtera, Adaro Bright Future Leaders untuk beasiswa, dan Adaro Guru Cerdas Teknologi.

Adaro Foundation menjalin kemitraan strategis dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam menjalankan program Nyalakan Ilmu, Adaro Foundation bermitra dengan 4 yayasan terkemuka di Indonesia yaitu Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat, Yayasan Benny Subianto, William and Lily Foundation, dan Yayasan Mochamad Thohir.

Tentang Persada Capital Investama
Persada Capital Investama (PCI) adalah perusahaan investasi yang menjalankan bisnis inti yang bersifat non-operating.
PCI juga membantu secara langsung operasional bisnis anak-anak perusahaannya secara profesional dalam bidang financial, legal dan operasional bisnis manajemen sehingga anak perusahaan dapat tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang sehat.

PCI menjalankan lini bisnis di bidang energi, pertambangan, agribisnis, properti, hospitality hingga pelayanan kesehatan.

PCI menanamkan investasi di beberapa perusahaan seperti PT Adaro Energy Tbk yang bergerak di bidang pertambangan dan energi, Triputra di sektor agribisnis, dan Kirana pada rubber.

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan dan saat ini telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna terdaftar. Perusahaan ini didirikan
sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 Under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Salah satu produk unggulan Ruangguru yaitu ruangbelajar menawarkan video belajar beranimasi,latihan soal dan rangkuman berbentuk infografis serta tryout persiapan ujian. Ruangguru saat ini memiliki 2.000 pegawai dan juga memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat.

Ruangguru telah dipercaya oleh 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Ruangguru juga menjadi salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia
berdasarkan Google Play User’s Choice Award 2018.

Media contact:
Mita Agustina – Public Relations Manager Ruangguru
Email : mita@ruangguru.com
Telp : 081293180255
Febriati Nadira – Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Tbk
Email : febriati.nadira@adaro.com
vocnews-MNRN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *