Lewat ke baris perkakas

Rakernas V Gerakan Pembumian Pancasila (GPP) Dilaksanakan di Amanda Hills, Bandungan, Semarang

IMG_20231116_153550

Semarang,vocnewsindonesia.com

Salam Pancasila!

Gerakan Pembumian Pancasila (GPP) melangsungkan Rapat Kerja Nasional V di Amanda Hills, Bandungan, Semarang-Jawa Tengah. Rapat yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 16-17 November dihadiri oleh perwakilan DPD di seluruh Indonesia, perwakilan DPC seluruh Jawa Tengah, dan seluruh tamu undangan yang berasal dari unsur pimpinan daerah, ormas/OKP, dan pemerhati Pancasila.

Rakernas V GPP mengusung tema “Penguatan Massa Aksi (Machtvorming) dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Bangsa untuk Memahami Urgensi Kepemimpinan Pancasila sebagai Prasyarat Utama Kepemimpinan Nasional dalam PILPRES 2024”.


Rapat Kerja Nasional V dilaksanakan secara luring dan daring dengan tujuan untuk menyusun dan mengesahkan program kerja DPP GPP tahun 2024 dalam upaya membumikan Pancasila, melahirkan rekomendasi nasional, dan sekaligus untuk menguatkan kembali nilai-nilai Pancasila yang menjadi bintang penuntun, pedoman dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Rakernas dimulai dengan seremonial kebangsaan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,dilanjutkan dengan welcome speech oleh Tri Iswanti selaku Ketua DPD GPP-GPP RI Provinsi Jawa Tengah; opening speech-1 dibawakan oleh Gubernur Jawa Tengah (diwakili oleh Kabankesbangpol Jawa Tengah); opening speech-2 disampaikan oleh Dr. Antonius Dieben Robinson Manurung, M.Si selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Pembumian Pancasila (DPP GPP), dengan memfokuskan pada tema Rakernas V GPP Pemahaman yang baik dan benar akan tema Rakernas V GPP menjadi sangat penting dalam upaya menyelamatkan bangsa dan negara Indonesia dengan cara memilih Presiden yang telah terbukti memiliki kualifikasi terkuat dalam kepemimpinan Pancasila, pungkas Dr. Anton.

Dalam Rakernas V GPP ini, Kepala BPIP RI, Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., yang diwakili oleh Direktur Jaringan dan Pembudayaan, Totok Purbiyanto, S.Kom., M.T.I., menyampaikan pentingnya kerjasama kolaboratif dan sinergis antara BPIP dengan GPP dalam program konkret membumikan nilai-nilai Pancasila di Indoenesia

Rapat Kerja Nasional dibuka oleh Sekretaris Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) dan sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina DPP Gerakan Pembumian Pancasila, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, S.IP. Dalam sambutannya, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya menegaskan pentingnya “Merawat Kebhinekaan dan membumikan Pancasila dalam bingkai NKRI. Untuk itu, kita semua harus memiliki kemampuan untuk memelihara, menjaga, mengurus, dan membela Pancasila, sehingga nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dapat teramalkan dengan baik”.


Beliau juga menyampaikan bahwa pada tahun 2024, masyarakat Indonesia harus memilih pemimpin yang dapat membawa Indonesia semakin maju. Pemimpin yang diharapkan adalah pemimpin yang memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang kuat serta memiliki etos kerja, mampu bekerja sama, dan memiliki integritas.

Setelah seremonial kebangsaan dilanjutkan dengan Diskusi Publik XI dengan narasumber Dr. Bondan Kanumoyoso, M.Hum dan Dra. Oerip Lestari. Oerip Lestari, Tokoh Marhaenis Jawa Tengah yang akrab disapa “Mbak Uul” ini menyampaikan bahwa “satu-satunya calon pemimpin yang layak untuk menjadi presiden adalah Ganjar Pranowo dengan bukti kerja nyata (rekam jejak) dan memiliki sikap kepemimpinan yang sangat baik, yang jujur, dan tidak korupsi.

Sementara, Sekretaris Jenderal DPP Gerakan Pembumian Pancasila, Dr. Bondan Kanumoyoso, M.Hum memberikan pemaparan tentang konsep Pancasila dan penerapan Pancasila sebagaimana yang dirumuskan oleh Bapak Bangsa, Ir. Soekarno. Dr. Bondan menjelaskan bahwa selama ini telah terjadi ‘salah kaprah’ dalam memahami Nilai Pancasila, sehingga melalui Diskusi Publik XI ini diharapkan seluruh komponen Gerakan Pembumian Pancasila, dari pusat hingga basis dapat memaknai Pancasila secara baik dan benar, serta mampu menyebarluaskan nilai Pancasila sehingga pembumian Pancasila dapat berhasil.

Usai Diskusi Publik, dilanjutkan dengan Sidang-sidang Rakernas V, diantaranya evaluasi program kerja DPP GPP tahun 2023, Arahan Strategis Ketum DPP GPP, Pembahasan dan Pengesahan Program Kerja DPP GPP tahun 2024, Pembahasan dan Pengesahan Rekomendasi Nasional, dan Pemaparan rencana program kerja unggulan DPD GPP tahun 2024.

Pada kesempatan Rakernas V ini, Ketua Umum DPP Gerakan Pembumian Pancasila, Dr. Antonius D.R. Manurung, M.Si juga melantik Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GPP se-Jawa Tengah. Dalam momen pelantikan, Ketua Umum Dr. Anton menghimbau kepada seluruh pengurus yang dilantik agar mampu menjalankan visi dan misi Gerakan Pembumian Pancasila sehingga tujuan dari Pembumian Pancasila dapat berlangsung dengan baik.

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan spiritualitas bangsa harus dirawat dan dibumikan secara progresif-revolusioner, imbuh Anton, Doktor Psikologi ini.

Rapat Kerja Nasional V GPP diakhiri dengan pembacaan rekomendasi nasional dan penutupan Rakernas V dengan menyanyikan lagu Bagimu Negri. Sejak awal hingga penutupan Rakernas V ini terlihat antusiasme dari seluruh peserta dan tampak juga suasana kebatinan yang penuh haru dengan keyakinan penuh seraya berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga Gerakan Pembumian Pancasila (GPP) semakin mampu mengembangkan program-program kerja yang konkret dan bermakna dalam membumikan Pancasila di tanah air suci (terra sancta) Indonesia. (M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *