Lewat ke baris perkakas

Seminar Perempuan dan Pengawasan Terhadap Aparat Penegak Hukum


Jakarta,Vocnews.com .Masih dalam suasana Peringatan Hari Kartini, Komisi Yudisial menggelar Seminar “Perempuan dan Pengawasan terhadap Lembaga/Aparat Penegak Hukum. Seminar mengusung thema “Peran Perempuan dalam Penyelenggaraan Negara” dilaksanakan di Auditorium Komisi Yudisial, senin, 30 April 2018.

Perempuan Indonesia memegang peran signifikan dalam setiap tahapan penyelenggaraan negara, yaitu sejak tahapan pembentukan undang-undang (UU), Implementasi UU, maupun pengawasan terhadap pelaksanaan UU. Khusus di tahap pengawasan, reformasi 1998 melahirkan terbentuknya beberapa lembaga pengawas eksternal, seperti Komisi Yudisial (KY), Komisi Kejaksaan Republik Indonesia (KKRI), Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS) yang melakukan pengawasan terhadap lembaga penegak hukum. Pengawasan eksternal terhadap lembaga penegak hukum agar tidak sewenang-wenang dalam menjalankan tugas.

Selain itu dibentuk pula Ombudsman RI (ORI) yang tugasnya mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh lembaga penegak hukum maupun lembaga pengawas.

Seminar di fokuskan pada signifikasi keterwakilan perempuan sebagai pengawas terhadap lembaga atau aparat penegak hukum dalam menjamin objektifitas dan terciptanya keadilan dalam penegakan hukum di Indonesia.

Hadir sebagai Narasumber, Sukma Violetta (KY), Erna Ratnaningsih (KKRI), Poengky Indarti (Kompolnas), Ninik Rahayu (ORI) dan dimoderati oleh Fessy Alwi. Narasumber membahas peran perempuan dalam lembaga pengawas eskternal tersebut.

Seminar dihadiri Perwakilan perempuan dari Kementerian/ Lembaga, Kaukus Perempuan Parlemen RI, (KPP-RI), Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI), dan Maju Perempuan Indonesia (MPI) , LSM, Akademisi, wartawan dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *